Sabtu, 18 Juni 2011

Intropeksi itu PENTING !



Apa kalian tau apa sih arti kata “introspeksi” sebenarnya ? 
Introspeksi diri adalah melihat ke dalam diri kita apa saja yang telah kita lakukan, atau lebih mudahnya adalah kegiatan untuk mengevaluasi diri dengan cara bercermin atas apa yang telah kita jalani.
“Kenapa ya sekarang aku jadi kayagini? Kenapa ya sekarang aku jadi tambah malas? Kenapa ya nilai aku sekarang jadi anjlok? Kenapa ? Kenapa?”
 Biasanya ini baik dilakukan saat kita merasa ada yang salah dari diri kita dan tidak semestinya. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, apalagi remaja seperti kita ini introspeksi sangat penting ! Introspeksi biasanya membutuhkan waktu untuk berfikir jernih dan harus bersedia mendengarkan masukan dan nasihat-nasihat dari orang lain, terutama orang tua. Karena yang bisa menilai diri kita adalah orang lain, kalau kita sendiri tentu saja menganggap diri kita selalu benar :D padahal belum tentu apa yang dimata kita benar, benar juga dimata orang lain. Untuk meminta masukan dan nasihat mungkin kita akan lebih nyaman dengan orang-orang terdekat kita yang memang benar-benar mengenal kita dan tidak akan menjerumuskan kita, seperti orang tua, sahabat bahkan pacar, pokoknya orang yang mengerti tentang kita.
Introspeksi ini dilakukan agar kita dapat memperbaiki diri kita agar dapat terus berkembang dan tidak melakukan kesalahan yang sama terus menerus. Tidak lupa juga sambil banyak berdoa dan mendekatkan diri pada Tuhan, agar hati kita bisa lebih tenang dan dapat berintrospeksi diri dengan maksimal. 
Diharapkan setelah introspeksi diri ini kita bisa menjadi pribadi baru yang lebih baik lagi dan tidak jatuh di lubang yang sama pula. Agar kita tau apa yang perlu kita benahi dan apa yang perlu kita kembangkan lagi dalam diri kita.
So.. ayo kita introspeksi diri kita masing-masing 

0 komentar:

Posting Komentar